Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Persiapan Menjelang Rilisnya Dapodikdas Versi 4.00 Tanggal 30 Juli 2015


Meneruskan informasi yang saya tulis sebelumnya Persiapkan! Dapodikdas Versi 4.00 (Generasi Ke-4) Rilis Tanggal 30 Juli 2015, yang harus dilakukan untuk mempersiapkan pendataan dapodikdas versi 4.00 antara lain :

1. PERSIAPAN DATA
Data yang akan diinput dalam aplikasi harus terlebih dahulu dipersiapkan. Data tersebut meliputi data sekolah, data siswa, data guru, data rombel, dan data sarana/prasarana. 
Dalam melakukan input data ke aplikasi dapodikdas harus ada formulir yang diisi oleh masing-masing individu disertai sumber data fisik yang bisa dipertanggung jawabkan, sebagai contoh untuk melakukan input data siswa harus ada formulir data siswa dilampiri fotokopi akta kelahiran dan fotokopi KK, hal ini bertujuan untuk mendapatkan data yang valid dan mengurangi tingkat kesalahan data yang sering terjadi. 


Sumber data fisik lainnya yang perlu dipersiapkan seperti :

- SK Berkala
- SK Pangkat Terakhir
- SK Penugasan PTK
- Sertifikat Pendidik
- Surat Mutasi
- Pembagian Tugas Mengajar/Rombel
- Fotokopi KPS
- Kartu Keluarga
- Akta Kelahiran
- Fotokopi Ijazah/SKHUS
- dll

2. PERSIAPAN HARDWARE;
Laptop/Komputer yang akan digunakan harus benar-benar sehat dan bersih dari virus, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi ketika nantinya digunakan untuk melakukan pendataan tidak rusak di tengah jalan. 
Pastikan laptop yang digunakan ada antivirusnya yang HANDAL dan UPDATE. 
Pastikan juga MODEM/PAKET INTERNET yang digunakan cepat dan stabil.

3. PERSIAPAN APLIKASI
Sebelum menginstall Aplikasi Dapodikdas versi 4.00 yang akan rilis tanggal 30 Juli 2015, pastikan laptop/komputer yang akan dipakai harus bersih dari Aplikasi Dapodikdas versi 3.03 (versi sebelumnya HARUS DI UN-INSTALL ) dan database prefill yang tersimpan di laptop/komputer dihapus. 
Menurut Penjelasan dari Admin Dapodik Pusat Mas Aryadi Nugroho di Media Sosial, 

Besok ketika v 4.00 sudah dirilis silahkan pakai prefill yang baru, prefill lama dilaptop/PC dihapus saja, karena ada perbedaan struktur. Jadi unduh prefillnya besok ketika v 4.00 sudah dirilis.

4. PERSIAPAN TENAGA OPS
Dari ketiga persiapan di atas, persiapan inilah yang merupakan persiapan paling penting. Karena kalau tidak ada OPS yang melakukan Input Data, apalah arti Data, Hardware dan Aplikasi. 
Maka dari itu, masing-masing komponen di sekolah juga sepatutnya memperhatikan OPS yang ditunjuk oleh sekolah. Hal ini bertujuan agar OPS nyaman dalam bekerja, sehingga data yang dihasilkan nanti juga lengkap, valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena yang sering terjadi, OPS yang kebanyakan adalah tenaga honorer wiyata bhakti di sekolah merasa tertekan dan akhirnya mengundurkan diri, padahal pendataan belum valid/selesai.

Bagi OPS yang perlu dipersiapkan :
1. Surat Tugas Sebagai OPS yang ditunjuk dan Ditandatangani oleh Kepala Sekolah
2. Minta uang lembur yang pantas dan cukup
3. Dan Kesehatan yang paling penting


Posting Komentar untuk "4 Persiapan Menjelang Rilisnya Dapodikdas Versi 4.00 Tanggal 30 Juli 2015"

Informasi terbaru juga bisa Anda ikuti melalui Media Sosial kami dapodikcenter di bawah ini :