Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tarik Peserta Didik Online Siswa Baru Kelas 1 SD, 7 SMP, 10 SMA/SMK dan Siswa Pindahan/Mutasi di Aplikasi Dapodik 2018

Untuk menambah SISWA BARU DAN MUTASI/PINDAHAN dari sekolah lain melalui mekanisme Tarik Peserta Didik Online, caranya sebagai berikut :

  1. Buka alamat http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops
  2. Login menggunakan Username dan Password dapodik
  3. Klik menu "Tarik Peserta Didik"
  4. Lengkapi "Data Sekolah Asal" sebagai berikut : 

  • Jenis Siswa Baru => berlaku untuk siswa baru kelas 1 SD, 7 SMP, 10 SMA/SMK
  • Jenis Mutasi/Pindah => berlaku untuk siswa selain kelas 1 SD, 7 SMP, 10 SMA/SMK
  • Provinsi : Provinsi Sekolah Asal
  • Kabupaten : Kabupaten Sekolah Asal
  • Kecamatan : Kecamatan Sekolah Asal
  • Sekolah : Nama Sekolah Asal
5. Lengkapi data siswa yang akan ditarik untuk dilakukan pencarian :
- NISN
- Nama Siswa yang akan ditarik
- Nama Ibu Kandung

Selanjutnya Klik Cari Peserta Didik

Setelah data siswa yang akan ditarik muncul, klik Panah Biru di sebelah kanan.

Catatan : Kalau siswa pindahan/mutasi yang akan ditarik tidak muncul Tanda Panah Biru, itu artinya sekolah asal belum memutasikan keluar siswa tersebut. Silahkan kontak Operator Sekolah asal, agar data siswa tersebut segera dimutasikan.


6. Klik Konfirmasi Proses Mutasi


7. Setelah diproses pusat (1x24 jam), di Aplikasi Dapodik lakukan SINKRONISASI DATA agar data siswa tersebut turun ke aplikasi.

8. Setelah data siswa tersebut masuk ke dalam Aplikasi Dapodik, Lengkapi Registrasi dan Masukkan siswa tersebut ke dalam Rombel.


29 komentar untuk "Cara Tarik Peserta Didik Online Siswa Baru Kelas 1 SD, 7 SMP, 10 SMA/SMK dan Siswa Pindahan/Mutasi di Aplikasi Dapodik 2018"

  1. Yth. Bp/Ibu
    Kami dari SMAS WARGA SURAKARTA, untuk proses tarik siswa ini, kami sudah terlanjur menarik semua siswa, tetapi salah pada JENIS PENDAFTARAN : SISWA BARU bukan Mutasi/Pindah. karena hal itu, setelah kami sinkron dapo kami, sejumlah siswa tersebut tidak bisa turun ke aplikasi dapo sekolah kami. untuk itu mohon solusinya untuk bisa diperbaiki.
    terima kasih atas bantuannya.

    cp: rony.rinegar@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya sudah pernah saya tulis di blog ini, silahkan dibaca http://www.dapodikcenter.com/2016/08/salah-memasukkan-jenis-pendaftaran.html

      Hapus
    2. maksud kami, data tarikan tadi hilang, baik di web dapo.dikdasmen maupun di aplikasi dapodikmen laptop kami. Apakah ada solusinya, atau kami harus mengisi secara manual.
      terima kasih

      Hapus
  2. Mohon maaf, Saya mau nanya...sy mau menarik siswa SMP yang mutasi ke sekolah kami tapi kenapa nama semua SMP di Kabupaten kami tidak ditemukan ya..yang muncul hanyalah nama2 SD..pdahal proses yg sy lakukan sama seperti prosedur yang dijelaskan diatas. Mohon pencerahannya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan nama kabupaten dan nama kecamatannya sudah betul.

      Hapus
  3. mohon solusinya... TIDAK BISA
    KONFIRMASI PROSES MUTASI
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba lagi, sistem pusat sudah diperbaiki

      Hapus
  4. mohon konfirmasinya
    ada siswa pindahan dari prov riau ke prov aceh namun terjadi kendala pada saat penarikan data nama sekolah Dasar tidak satu pun yang tmpil dan yg tampil hanya sekolah TK saja

    BalasHapus
  5. Mohon Maaf, mau nanya kalau mau menerima Mutasi Masuk Siswa dari MI Ke SD Negeri, Cara nya bagaimana yach ??

    Mohon Penjelasannya !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau input siswa mutasi dari MI harus melalui input manual

      Hapus
  6. MOHON pencerahan,,bagaimana cara mengeluarkan anak didik yang ingin pindah ke sekolah lain...apakh bisa langsung di keluarkan lewat aplikasi dapodik atau ada cara yang lain...tolong di infokan kebenarannya

    BalasHapus
  7. mohon bantuan, saya mendapat siswa pindahan kelas 1 semester 1 dan setelah saya coba tarik nama anak tidak ada. apa boleh di input manual?

    BalasHapus
  8. sudah 2 minggu coba berulang kali, tapi tetap tdk bisa konfirmasi data siswa yg akan dilakukan mutasi, bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  9. saya mau tarik peserta didik akan tetapi sekolah yang bersangkutan SDN Cawang 05 Pagi, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur tidak ada di web dapodik.
    bagaimana solusinya

    BalasHapus
  10. MAAF SAYA MAU TANYA,,JIKA TARIK SISWA DARI MI KE SD CARA MEMASUKKAN NISN NYA BAGAIMANA YA???

    BalasHapus
  11. maaf saya mau tanya di sekolah kami ada siswa mutasi Masuk dari sekolah lain namun Sekolah lama sudah tidak aktif lagi sehingga ketika mau ditarik dari lewat dapodik nama sekolah lama sudah tidak ada...bagai mana solusinya...?? trims jzkh..

    BalasHapus
  12. maaf, saya dari sdn 04 oku, disekolah kami ada 4 siswa pindahan yang baru masuk, sudah kami tarik online, sudah muncul di dapodik serta sudah di singkron, tapi mengapa siswa tersebut tidak muncul di verval pd, jumlah siswa di verval pd tidak bertambah, mohon solusinya,,terimakasih

    BalasHapus
  13. Maaf, saya mau tanya, di sekolah kami ada 4 siswa pindahan masuk ke SD kami, terus sudah saya tarik onlie, sudah saya singkron, dan sudah tampil pada dapodik, sudah saya perbaiki datanya, sudah saya masukan ke dalam rombel, masalahnya siswa yang sudah ditarik online tadi nama-nama siswanya tidak tampil di verval pd, sehingga jumlah siswa kami tidak bertambah pada verval pd, jumlah siswanya tidak singkron antara di dapodik sama verval pd. terimakasih sebelumnya, tolong minta solusinya..

    BalasHapus
  14. mohon solusinya bapak, kbtlan saya OPS bru, jadi msih blm begitu paham sma yang namanya dapodik.saat melakukan tarik peserta didik itu ada sebagian siswa yang bisa ditarik ke dapodik tapi ada sebagian jga yang tdak bisa,padahal dtax jga sdah lengkap,sekolah yg bersangkutan sudah mengeluarkan siswanya dari dapodik,cek nisn jga sudah,cuman pas cari peserta didik itu gak muncul,mohon solusinya pak,ap yg musti saya lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang tidak bisa ditarik online, bisa ditambahkan secara manual lewat menu TAMBAH

      Hapus
  15. maaf numpang tanya..
    kalau siswa yang akan di tarik sebelumnya bersekolah di Madrasah / MI itu bagaimna ya..?
    sy cari tidak ada sekolah MI d tarik Peserta didik... Mohon pencerahannya bpk/ibu guru..

    BalasHapus
  16. asal sekolahnya tidak muncul .. mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan nama kecamatan dan kabupaten sudah benar

      Hapus
  17. Maaf mau tanya, bagaimana solusi untuk siswa pindahan dari MI sekarang kelas 5, tapi sebelumya siswa tersebut adalah siswa sekolah kami (SD swasta) dan sudah ada NISN, hanya penulisan namanya ada yang salah. apa saya input manual atau di PD KELUAR saya batalkan? mohon penjelasannya. terima kasih

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Yth Admin, saya mau tanya: jika ada siswa saya mutasi keluar pada kelas 4 17/18 semester2, pindah ke Semarang (mutasi keluar pada aplikasi dapodik berhasil), Januari di semester 2 kelas 5 18/19 ingin mutasi masuk, menurut Operator kami Dapodik tidak bisa mutasi masuk ke sekolah asal. Apakah benar secara sistem Dapodik menolak siswa kembali ke sekolah asal?

    BalasHapus

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.

Informasi terbaru juga bisa Anda ikuti melalui Media Sosial kami dapodikcenter di bawah ini :