Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Kasus 1 Siswa Punya 2 NISN, Mana Yang Dipakai? Bagaimana Cara Mengajukan Permohonan Perubahan NISN melalui VervalPD?

Ada contoh kasus seperti berikut : 

KASUS 
1 SISWA punya 2 NISN yang berbeda. Penjelasannya sebagai berikut :
  • NISN yang tertera di IJAZAH SD, berbeda dengan
  • NISN yang terbit baru melalui mekanisme NOTMATCH di vervalpd dan saat ini tertera di Aplikasi Dapodik.
  • Dan Kedua NISN tersebut saat ini sama-sama terdaftar di web http://nisn.data.kemdikbud.go.id ATAS NAMA SISWA TERSEBUT.
PERTANYAAN :
NISN mana yang boleh digunakan oleh siswa tersebut?

JAWABAN :
Menurut penjelasan di web NISN http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/dyn/8 NISN yang digunakan adalah NISN yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya. Jika tidak, NISN yang digunakan adalah NISN yang paling kecil kodenya.

Merujuk pada jawaban tersebut, NISN yang digunakan adalah NISN yang sudah dia dapatkan di SD dengan dasar sebagai berikut :
  1. NISN sudah tertulis di Ijazah SD (alat administrasi) dan NISN tersebut masih terdaftar di Web NISN http://nisn.data.kemdikbud.go.id 
  2. NISN dengan digit kodenya terkecil (terbit lebih dulu) dibandingkan dengan NISN yang baru terbit
PERTANYAAN SELANJUTNYA :
Bagaimana cara merubah NISN di Aplikasi Dapodik (tertera NISN baru) menjadi NISN yang sudah dia dapat ketika SD (NISN lama)?

JAWABAN :
Melalui perngajuan perubahan NISN di VervalPD.

Langkah lebih jelasnya, sebagai berikut :
  1. Buka alamat http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  2. Pastikan siswa tersebut sudah masuk di Referensi
  3. Lalu Klik Edit Data - Pengajuan - NISN
  4. Klik Pilih Siswa
  5. Pilih Nama Siswa yang akan diajukan perubahan NISNnya
  6. Masukkan NISN yang sudah terdaftar sebelumnya, jangan klik Check
  7. Lampirkan bukti scan IJAZAH  dalam format .jpg atau .png (sebagai bukti pendukung bahwa NISN tersebut memang benar-benar milik siswa tersebut)
  8. Lalu klik Pengajuan Perubahan
  9. Tunggu sampai Pengajuan Perubahan NISN diproses oleh Tim Pusat

CATATAN PENTING :
  • Lakukan pengajuan perubahan NISN tersebut apabila NISN yang tertera di ijazah terdaftar di web NISN sebagai MILIK SISWA TERSEBUT.
  • Apabila NISN yang ada di IJAZAH TIDAK TERDAFTAR di WEB NISN, maka tanyakan dulu siswa tersebut punya kartu NISN atau tidak. Kalau punya, cek NISN yang tertera di kartu di web NISN, terdaftar atau tidak. 
  • Apabila NISN yang ada di ijazah maupun di kartu NISN tidak terdaftar sebagai milik siswa tersebut, maka NISN yang digunakan adalah NISN yang saat ini terdaftar di Dapodik (VervalPD)

10 komentar untuk "Ada Kasus 1 Siswa Punya 2 NISN, Mana Yang Dipakai? Bagaimana Cara Mengajukan Permohonan Perubahan NISN melalui VervalPD?"

  1. Wah pak, kalau data NISN di ijazah sekolah tidak valid (misalnya ada perbedaan sedikit pada nama atau tempat tanggal lahir beda), apakah tetap menggunakan NISN yang sudah terlebih dahulu menjadi alat administrasi? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. pak jadi gini saya di beri nisn pas SD yaitu 002075**** dan itu tertera di ijazas SD, Pas smp saya mau daftar ke SMA saya isi yang itu tadi tapi pas diliat di web PPDB koq lain(002974****) saya pikir itu cuma kesalahan di situsnya. nah pas saya dapet ijazaH sama SkHUN SMP, nisn di ijasah(SMP) itu 002075**** tapi di SKHUN(SMP) 002974****. jadi saya harus gimana

    BalasHapus
  3. pak admin, siswa kami jenjang MA/MAN khususnya. untuk pengajuan NISN kenapa sejak tahun 2016 kok blm di approve? mohon penjelasanya. dan mohon segera di tindak lanjuti. terima kasih.

    BalasHapus
  4. sangat mencerahkan pak ,sipp

    BalasHapus
  5. aku juga, NISN di ijazah sama di SHUN SMP beda, gimana dong min?

    BalasHapus
  6. kami sedang menulis ijazah smp ternyata terdapat nisn yang beda pada ijazah sd dan data smp,jadi bagaimana solusinya? mohon bantuannya, terima kasih.

    BalasHapus
  7. Kalau NISN di ijazah sma SKHUN SMP beda sama yang di daftarkan gimana?

    BalasHapus
  8. Pak NISN saya dari sd sampai sma beda semua, dan semuanya ada di dapodik, jadi bagaimana iru pak?

    BalasHapus
  9. Pak, NISN keponakan saya berbeda antara SD dengan NISN SMP dan MA.Ternyata di Tahun Kelahiran SD 2000 sedangkan di Ijazah SMP dan MA nya Tahun kelahiran 2001.Hal yang demikian bisakah didurus, karena untuk mendaftar kuliah kesulitan. Atas jawabannya terima kasih.

    BalasHapus
  10. Pak, NISN MI saya beda sama NISN SMP & SMA saya, dan semua ada di dapodik. Ini harus gimana ya pak?

    BalasHapus

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.

Informasi terbaru juga bisa Anda ikuti melalui Media Sosial kami dapodikcenter di bawah ini :