Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukkan NISN Siswa Mutasi (Pindahan) di VervalPD 2016

Tulisan ini untuk menjawab banyaknya pertanyaan dari teman-teman OPs mengenai Mutasi Siswa di VervalPD, 
"Mas, saya punya siswa pindahan dari sekolah lain, siswa tersebut sudah punya NISN dari sekolah asal dan sudah saya masukkan datanya ke dalam aplikasi dapodik. Namun di vervalPD siswa tersebut masuknya ke dalam kolom Belum Memiliki NISN. Bagaimana solusinya?"
Solusinya :
  1. Buka alamat VervalPD http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  2. Silahkan Login
  3. Masuk ke dalam kolom "Belum Memiliki NISN"
  4. Pilih siswa mutasi tersebut lalu klik "Mutasi Siswa"
  5. Lengkapi data sekolah asal "Provinsi - Kabupaten - Nama Sekolah". Untuk Nama Sekolah Asal apabila tidak muncul, silahkan ketik manual nama sekolah asal tersebut sesuai nomenklaturnya. Contoh : SD Negeri ...... atau SDN ....... atau SD N ......... Apabila sudah muncul nama sekolah yang dimaksud, klik pilih sekolah tersebut.
  6. Kemudian cari nama siswa yang pindah ke sekolah kita. Untuk mempermudah pencarian bisa dengan cara memanfaatkan fitur search atau filter berdasarkan nama. Di dalam menggunakan fitur ini, perhatikan besar kecilnya huruf, jika di sekolah asal menggunakan huruf besar semua, maka pencarian juga harus huruf besar semua.
  7. Apabila data siswa yang mutasi sudah ditemukan, silahkan klik "Pilih Siswa"
  8. Jika data siswa dan/atau sekolah asal benar-benar tidak ditemukan, Klik tombol “Tidak Ditemukan” (HATI-HATI menggunakan tombol Tidak Ditemukan, Karena dampaknya siswa tersebut akan terbit NISN baru dan menjadi double apabila sebelumnya sudah punya NISN. Maka dari itu, data siswa dan/atau sekolah asal  harus benar-benar dicari terlebih dahulu)
  9. Di menu Status Pengajuan Mutasi akan muncul nama siswa tadi, tunggu admin kab/kota mengapprove, jika sudah diapprove akan muncul waktu respon,
  10. Jika sudah berhasil, maka siswa tersebut akan masuk ke dalam kolom referensi dengan NISN yang sudah dia dapatkan dari sekolah asal.


Catatan :
Apabila siswa tidak ditemukan di sekolah asal, bisa saja siswa tersebut belum dimutasikan / dikeluarkan dari Aplikasi Dapodik. Solusinya hubungi Operator Sekolah Asal.


12 komentar untuk "Cara Memasukkan NISN Siswa Mutasi (Pindahan) di VervalPD 2016"

  1. ada siswa putus sekolah di daerah saya. kemudian ada program dari dinas pendidikan (lupa nama programnya), yang merekomendasikan siswa tsb harus diterima disekolah saya. pada menu vervalpd, saya salah klik, sehingga siswa tsb masuk dalam menu status pengajuan mutasi. mohon solusinya bagaimana cara membatalkan di menu tsb. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi dinas pendidikan setempat (KK datadik) agar me reject permohonan anda yg salah

      Hapus
    2. saya mencari nama sekolahnya gak ada, karena siswa tersebut pindahan dari madrasah bukan SD, bagai mana solusinya pa?

      Hapus
  2. kok asal sekolah tidak di temukan
    masukinnya harus pakai npsn skrg
    yang ada di kolom hanya jenjang SMA
    yang jenjang smp gk ada

    BalasHapus
  3. trus di dapodik udah ada nisn nya
    cuma di verval pd gk muncul
    solusinya gmn ya

    BalasHapus
  4. mohon bantuannya..
    saya sudah benar memasukkan dari prop., kab., dan npsn sekolah (nama sekolah) asal siswa mutasi nya, tapi nama siswa tersebut tidak ada. Jadi bagaimana ya pak?

    BalasHapus
  5. Apa karna saya baru aja ngeceknya jadi sudah hilang? soalnya siswa ini pindah bulan agustus, dan saya baru cek di verpalpd sekarang..
    Mohon bantuannya sgera.. soalnya siswa ini kelas VI..

    BalasHapus
  6. siapa yang mengelola data yang ada di residu tingkat Sekolah Dasar?

    BalasHapus
  7. klo peminatan IBB dihentikan setelah kenaikan kls X, bagaimana kelanjutan siswa kelas tersebut, apakah IBB tetap harus dilanjutkan sampai siswa lulus, atau boleh dipindahkan ke IPA/IPS.

    BalasHapus
  8. klo peminatan IBB dihentikan setelah kenaikan kls X, bagaimana kelanjutan siswa kelas tersebut, apakah IBB tetap harus dilanjutkan sampai siswa lulus, atau boleh dipindahkan ke IPA/IPS.

    BalasHapus
  9. bagaiman dengan siswa pindahan yang di verval PD sudah memiliki NISN tetapi di dapodik sekollah pindahannya belum memiliki NIS??
    mohan solusinya

    BalasHapus
  10. Bagaimana jika siswa merupakan pindahan dari MAN? Sementara sekolah yang ada dalam pilihan hanya SMA dan SMK. Untuk jawabannya saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.

Informasi terbaru juga bisa Anda ikuti melalui Media Sosial kami dapodikcenter di bawah ini :