Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPPK Mengantongi NIP, SK dan TMT pada Januari 2022

 

PPPK Mengantongi NIP, SK dan TMT pada Januari 2022
PPPK Mengantongi NIP, SK dan TMT pada Januari 2022

NIP, SK dan TMT pada Januari 2022

Dan dimulai dari 24 Desember 2021 - 10 Januari 2022, calon PPPK kemungkinan akan disibukan dengan melengkapi berkas dokumentasi guna untuk penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) PPPK. Infonya apabila pelaksanaan pemberkasan penetapan NIP selesai dalam waktu yang diatur. 

PPPK akan segera mengantongi NIP beserta SK pada Januari 2022. Pemberkasan NIP PPPK guru tahap 1 masih berjalan. Diawali dengan level pengisian daftar riwayat hidup (DRH) oleh calon PPPK di akun SSCASN BKN yang ditetanggat 10 Januari 2022.

Beriringan dengan itu, mulai 2-31 Januari 2022, pejabat pembina kepegawaian (PPK) mengajukan usul penetapan NIP PPPK terhadap Badan Kepegawaian Negara (BKN). Deputi Bidang Cara Info Kepegawaian BKN Suharmen menyuarakan apabila instansi mengajukan usul penetapan NIP PPPK minggu pertama Januari. 

Kemudian, seluruh syarat administrasi komplit termasuk kontrak kerja dan pengerjaannya akan lebih pesat. Sebaliknya apabila masukannya baru diajukan akhir Januari, penetapan NIP PPPK nanti Februari. 

Dia menjelaskan, apabila mencontoh peraturan PP Manajemen PPPK, penetapan NIP PPPK itu optimal 25 hari kerja. Jika instansi mengusulkan mulai 2 Januari, NIP PPPK telah diatur bulan yang sama juga. "Semestinya para calon PPPK dari bulan Januari 2022, guru telah mengantongi NIP PPPK. Dengan catatan seluruh dokumennya komplit ya," kata Deputi Suharmen.

 

SK dan TMT PPPK

Berkaitan SK PPPK, Deputi Suharmen menyuarakan, BKN senantiasa mensupport PPK ketika telah menerima NIP PPPK, secepatnya menetapkan SK. Memang butuh pelaksanaan untuk mencetak SK, melainkan diharapkan tidak makan waktu yang panjang. "BKN sih berkeinginan antara penetapan NIP PPPK dan SK enggak jauh jaraknya. Tetapi, itu dikembalikan terhadap daerah lagi," ujarnya.

Demikian juga dengan TMT atau terhitung mulai tanggal. TMT ini jelas Deputi Suharmen, dihitung sesudah instansi menetapkan kontrak dan SPMT (Surat Instruksi Melakukan Tugas). SPMT ini sama seperti CPNS, TMT-nya dihitung sesudah diterbitkan SPMT oleh PPK.

Jika PPK telah menggunakan cara IT, Deputi Suharmen mengatakan pengerjaannya dapat pesat. Sebaliknya apabila pengerjaannya manual, tentu akan lama sebab diketik satu per satu. TMT ini juga jadi patokan penghitungan gaji PPPK. Misalnya 1 Januari 2022 maka gajinya dihitung dari tanggal hal yang demikian. TMT 1 Februari, gajinya dihitung mulai Februari. 

Sebelumnya BKN dalam surat Nomor 19456/B-MP.01.02/SD/D/2021, tertanggal 20 Desember 2021 dan ditandatangani Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Aris Windiyanto menceritakan pelamar yang diungkapkan lulus agar mengisi DRH.  

Penyampaian peralatan dokumen usul penetapan NIP PPPK guru oleh instansi diberi tahu melalui SAPK dan aplikasi DOCUDigital mulai 2 Januari hingga 31 Januari 2022. Penentuan mulai berlakunya pengangkatan sebagai PPPK guru 2021 diatur terhitung mulai tanggal 1 bulan berikutnya dari tanggal penyampaian usul  Penetapan NIP PPPK guru terhadap Kepala BKN untuk instansi pusat.

Posting Komentar untuk "PPPK Mengantongi NIP, SK dan TMT pada Januari 2022"

Informasi terbaru juga bisa Anda ikuti melalui Media Sosial kami dapodikcenter di bawah ini :