Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengakses Secara Gratis Buku Bacaan Bermutu - Merdeka Belajar

Cara Mengakses Secara Gratis Buku Bacaan Bermutu - Merdeka Belajar

Kemendikbudristek
telah menyalurkan lebih dari 15 juta eksemplar buku bacaan bermutu untuk lebih dari 20 ribu PAUD dan SD yang paling membutuhkan di Indonesia pada tahun 2022. Mendikbudristek @nadiemmakarim pada peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia, di Kantor Kemendikburistek, Jakarta (27/2) menyampaikan, penyaluran tersebut merupakan pengiriman dengan jumlah buku dan penerima yang terbesar sepanjang sejarah Kemendikbudristek.

Penyaluran buku bacaan bermutu mengacu pada tiga pilar program, yaitu Pemilihan dan Perjenjangan, Cetak dan Distribusi, serta Pelatihan dan Pendampingan. Kunci keberhasilan penggunaan buku bacaan adalah pada kemampuan kepala sekolah, guru, dan pustakawan dalam mengelola dan memanfaatkan buku bacaan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa.

“Yang paling penting adalah bagaimana kami saat ini menyediakan pelatihan dan pendampingan untuk membantu sekolah memanfaatkan buku-buku yang diterima,” tutur Menteri Nadiem.

Menyebarkan kegembiraan membaca membutuhkan kerja sama dan gotong royong kita bersama. Ayo, sebarkan kegembiraan membaca kapan saja, di mana saja!

Buku dipilih berdasarkan kriteria buku bacaan bermutu, yaitu buku yang sesuai dengan minat dan kemampuan baca anak. Salah satu kunci keberhasilan penggunaan buku bacaan adalah kemampuan Kepala Sekolah, guru dan pustakawan dalam mengelola dan memanfaatkan buku bacaan. 

Buku bacaan bermutu juga dapat diakses publik secara gratis melalui platform digital berikut :
  1. Buku Digital Pusat Pembinaan dan Sastra budi.kemdikbud.go.id
  2. Buku Nonteks Pusat Perbukuan buku.kemdikbud.go.id/buku-non-teks
  3. Literacy Cloud for Kids literacycloud.org
  4. Let's Read letsreadasia.org
  5. Buku-buku Platform Merdeka Belajar juga dapat diakses secara mandiri oleh guru dan kepala sekolah melalui guru.kemdikbud.go.id

Posting Komentar untuk "Cara Mengakses Secara Gratis Buku Bacaan Bermutu - Merdeka Belajar"

Informasi terbaru juga bisa Anda ikuti melalui Media Sosial kami dapodikcenter di bawah ini :