Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awalnya Bisa Login dan Update Data. Setelah Logout Kemudian Login Lagi Gagal. Ini Penyebab dan Solusinya!

Beberapa teman OPs mengalami masalah yang sama, yaitu awalnya sudah sukses registrasi, sukses login, sukses update data, akan tetapi setelah logout, kemudian mau login lagi malah gagal dengan keterangan username tidak terdaftar. 

Yang membuat OPs tambah heran dan bingung adalah mereka tidak merasa pernah mengganti username maupun password dan juga belum melakukan sinkronisasi. Kok bisa ya?

Berikut saya tulis penyebab dan solusinya, agar teman-teman OPs yang mengalami masalah seperti di atas dapat teratasi setelah membaca tulisan ini.

Penyebabnya adalah OPs telah mengupdate data PTK (Bila Operator adalah PTK) di Profil Pengguna. Di dalam Profil Pengguna kita disuruh melengkapi :
  1. Nama Operator
  2. PTK (Bila Operator adalah PTK)
  3. Whatsapp
  4. Skype
  5. Alamat
  6. No Telp
  7. No HP
Ketika data Profil Pengguna masih kosong (belum diisi) tampilannya seperti gambar di bawah. Username yang tampil adalah username yang kita gunakan untuk Login Aplikasi Dapodik.

Dan ketika OPs sudah melengkapi isian Profil Pengguna (Point 1-7). Ada beberapa kasus username akan berubah sesuai dengan email pribadi PTK yang bertugas sebagai operator. 
Lihat perbedaanya di bawah.

Solusi mengatasi gagal login tersebut, untuk login selanjutnya OPs tinggal menggunakan username emailnya dengan password yang sama ketika registrasi (password tidak berubah).

Catatan :
  1. Hal di atas tidak terjadi apabila username dengan email pribadi PTK yang bertugas sebagai Operator SAMA. 
  2. Kasus gagal login ini merupakan bugs (error) dalam Aplikasi Dapodik versi 2016, untuk menghindari kasus di atas, silahkan Segera Lakukan Update Pembaharuan Aplikasi Dapodik dari versi 2016 ke versi 2016a

9 komentar untuk "Awalnya Bisa Login dan Update Data. Setelah Logout Kemudian Login Lagi Gagal. Ini Penyebab dan Solusinya!"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pak punya saya terlanjur tak unistal setalh menumui kendala diatas, setelah instal ulang dan registrasi email dan sandi sudah tidak terdaftar, tolong solusinya pak

      Hapus
    2. solusinya sudah ada di tulisan di atas pak

      Hapus
  2. Pak mohon solusinya, saya sudah registrasi prefil rapor dan sudah berhasil,tapi kenapa dikelas 9 tidak muncul pilihan semester ganjl/genap th 2014/2015 dan ganjil thn 2015/2016?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawab : silahkan lakukan cara di bawah secara urut
      1. Update versi 2017c
      2. sinkronisasi
      3. clear history pada browser
      4. generate prefill rapor (jika belum)

      Hapus
  3. Mohon solusinya pak ? kenapa di dapodik versi 2017.c di semester ganjil 2014/2015 tidak muncul. Sedangkan semester genap 2014/2015 sudah muncul. tolong pak segera di konfirmasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawab : silahkan lakukan cara di bawah secara urut
      1. Update versi 2017c
      2. sinkronisasi
      3. clear history pada browser
      4. generate prefill rapor (jika belum)

      Hapus
  4. Mohon solusinya pak. di Dapodik 2017c, saya tidak bisa login, padahal sebelumnya bisa. Apabila dimasukkan username selalu dinyatakan tidak terdaftar. Terimakasih.

    BalasHapus
  5. Email ptk dengan email dapdik sama bagaimana solusinya untuk dapodik 2019 d

    BalasHapus

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.

Informasi terbaru juga bisa Anda ikuti melalui Media Sosial kami dapodikcenter di bawah ini :