Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Install Aplikasi Dapodik versi 2022

dapodikcenter.my.id

Untuk mengelola Data Pokok Pendidikan (dapodik) Tahun Pelajaran 2021/2022, Kemdikbud telah merilis aplikasi dapodik versi 2022, untuk semester genap ini versi yang digunakan adalah 2022c. Walaupun aplikasi dapodik ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap semester, akan tetapi masih ada operator sekolah yang mengalami kendala dan kurang informasi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk intalasi aplikasi dapodik ini. Hal ini mungkin dikarenakan pergantian petugas yang berperan sebagai operator sekolah, laptop yang digunakan rusak/hilang, atau minimnya informasi mengenai dapodik di daerahnya.

Berikut kami tulis beberapa yang perlu dipersiakan sebelum melakukan pendataan dapodik. 

1) Yang pertama adalah Persiapan Hardware / Perangkat Keras. Menurut ketentuan dalam buku panduan dapodik 2022, terdapat spesifikasi minimum yang harus dimiliki untuk menggunakan Aplikasi Dapodik, yaitu :

  • prosesor Intel Core i3 atau yang setara;
  • memori standar 4GB DDR3;
  • hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
  • sistem operasi Windows 10;
  • aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome atau mozilla firefox.

2) Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan
Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik vesi 2022, pastikan satuan pendidikan sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses registrasi. Kode registrasi diperoleh melalui admin Dapodik di Dinas Pendidikan. Jika Anda operator baru di sekolah, untuk akun petugas pendataan ini bisa ditanyakan kepada operator sekolah yang lama.

3) Unduh Aplikasi Dapodik
Aplikasi Dapodik versi 2022 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan

4) Generate Prefill Aplikasi Dapodik
Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data satuan pendidikan dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan data satuan pendidikan dari hasil sinkronisasi terakhir. Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif.

Alur Pendataan Dapodik




Posting Komentar untuk "Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Install Aplikasi Dapodik versi 2022"

Informasi terbaru juga bisa Anda ikuti melalui Media Sosial kami dapodikcenter di bawah ini :